Selasa, 22 Maret 2011

Cover Knalpot Byson Keren Buat Matik



 Ukuran sesuai selera
Bosan dengan tampilan cover knalpot standar atau versi variasi, terbukti bisa bikin orang jadi lebih kreatif. Seperti yang dilakukan Arif dari Billy Speed yang tinggal di Bendungan Jago, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Tampilan cover knalpot yang ada di pasaran buat skubeknya terlalu monoton. Paling cuma sebatas gonta-ganti warna. Karena tertarik dengan model cover Byson yang unik, Ia pun memasang cover pipa buang Byson di skubek Xeon miliknya.

"Tapi, untuk ini kali bikin knalpotnya menyesuaikan bentuk cover yang ada. Kalau ingin pasang di knalpot standar skubek, bisa juga, tapi mesti banyak penyesuaian, terutama di soal ukuran," tambah Billy lebih jauh.

Caranya, cover knalpot Xeon copotan di bagian silencernya dibuka dahulu lalu diukur untuk menentukan ukuran nantinya pada cover Byson. Sementara cover knalpot Byson juga dipotong pada ujung leher knalpot. Ini dilakukan untuk menyesuaikan ukuran panjang dengan knalpot standar. "Kira-kira dipotong 2 cm," terangnya sambil mengingat-ingat ukuran pastinya.

Soal ukuran, tentunya tergantung selera. Kalau suka yang panjang, potongnya enggak bisa atau jangan terlalu banyak. "Saya suka bentuk knalpot yang agak bulet-bulet gitu. Juga sesuai dengan bentuk knalpot Xeon yang gendut. Dengan begitu, tampilannya jadi bulet agak pendek," terangnya Billy sambil bilang kalau buat yang suka bentuk knalpot panjang juga enggak masalah dipotong lebih sedikit.

Selanjutnya bagian yang dipotong tadi dilas lagi. Sisa potongan jangan langsung dibuang. Melainkan bisa dimanfaatkan untuk membuat klem-kleman. Klem ini berfungsi agar cover menempel dengan knalpot.

Agar menempel semakin sempurna, di bagian bodi belakang cover bisa dibuatkan lagi braket. Kurang lebih di 7 titik. Ini untuk menempelkan cover dengan bodi knalpot.  Tampilan jadi oke dan beda setelah pakai knalpot bulet.

1 komentar:

kalau knalpot mio lawas bisa kgk bang

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More