Selasa, 22 Maret 2011

Deteksi Masalah Transmisi Yamaha Scorpio



Susah masuk gigi biasanya dari garpu shiftdrum (shif fork) as pengungkit drum pemindah gigi
Transmisi Yamaha Scorpio termasuk jarang bermasalah. Itu karena part berupa susunan gigi rasio di as girboks bermaterial kuat juga presisi. Sehingga tidak akan mengalami kerusakan fatal. Tapi, bisa saja ngalami masalah, seperti susah pindah gigi atau miss. Parahnya, gigi rasio bisa rompal atau bahkan patah.

“Benar kalau gigi rasio Scorpio jarang alami masalah. Kalaupun susah masuk gigi, biasanya garpu shiftdrum (shif fork) as pengungkit drum pemindah gigi yang enggak lurus, atau kampas kopling sudah mulai tipis,” papar Ewin Satria Putra, kepala instruktur sekolah mekanik HMTC cabang Medan, Sumatera Utara.

Diperkirakan Ewin, Scorpio yang merupakan motor kategori turing disarankan agar selalu menjaga kualitas oli, cara berkendara yang tepat saat akan pindah gigi, melihat beban yang dibawa juga dan jangan sering engine brake. Intinya, bila ingin transmisi Scorpio tetap baik harus lebih paham poin service yang harus dilakukan. Seperti ganti oli sesuai jadwal, setel jarak main rantai roda juga jarak main handle kopling di setang. 


 
Kampas kopling aus bikin susah pindah kopling
Kesimpulannya, karena transmisi jarang rusak dan harganya mahal, jangan coba bongkar transmisi bila tidak ada hubungannya dengan penggantian komponen itu. Mekanik pun harus paham betul prosedur sistem transmisi baik pembongkaran maupun pemasangan. Sebab salah sedikit saja bisa fatal akibatnya," imbuh Erwin di Jl. Sempurna Ujung, No. 182, Medan Teladan, Medan. Telepon (061)7869695 atau 0813-7026-4902.

Dan bagi pengendara, perhatikan prosedur berkendara yang baik dan aman. Juga harus peka terhadap poin servis di komponen. Terutama yang ada hubungan dengan transmisi.

 “Jika dirasa ada hal yang mengganggu saat proses pemindahan gigi, harap segera ditindaklanjuti. Bawa dan cek ke bengkel yang mekaniknya paham dengan sistem kerja transmini di motor. Jangan lupa juga gunakan part berkualitas. Karena itu merupakan bagian dari safety riding,” wanti Ewin.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More